TIPS MERAWAT MERPATI SAAT PIYIK

TIPS MERAWAT MERPATI SAAT PIYIK



Sobat merpatimaniaa - Sebelum merpati menjadi dewasa dan bisa makan dan terbang, harus terlebih dahulu melalui proses telur yang kemudian menetas dan menjadi piyik. Nah sobat bagi sobat yang ingin tahu cara merawat merpati piyik supaya menjadi merpati yang hebat dan besar, nah jangan lupa dibaca artikelnya sampai selesai ya sobat .


Piyik menetas saat dieram selama 18-20 hari. Jika hari ke 22 telur tidak menetas , berarti telur tersebut kopyor/tidak bisa menetas dan burung akan meninggalkan telurnya. Piyik merpati akan mulai belajar terbang ketika usianya sekitar 1 bulan. saat merpati berusia 4-7 hari bisa dipasang ring. Ring tersebut berfungsi untuk menandai bahwa burung itu adalah miliknya sendiri dan tidak milik orang lain/beli. Pemasangan ring disesuaikan dengan ukuran kaki model ring yang akan dipasang.

BACA JUGA : PERAWATAN BURUNG MERPATI


Merpati baru menetas via MERPATI MANIA

Piyik merpati tidak usah diberi makan karena belum bisa makan sendiri dan masih diloloh oleh induknya. Tetapi alangkah bagusnya jika diloloh sendiri menggunakan tangan. Alasannya macam-macam ada yang biar jinak, ada juga yang meningkatkan jumlah produksi. biasanya mulai diloloh tangan saat usia 7-10 hari.


BACA : CARA MEMILIH MERPATI SPRINT YANG BAGUS


Saat piyik sudah mulai lar 8-5 dilakukan pencabutan bulu ekor, tujuannya adalah saat merpati dilatih maka ekor merpati sudah rapih dan kuat.


BACA : TIPS PENGHOBI PEMULA MERPATI


Saat merpati masih piyik biasanya banyak yang bertanya bagaimana membedakan merpati jantan dan betina. Tetapi biasanya merpati jantan dan betina akan terlihat dari ukurannya. Merpati jantan akan lebih besar dari betina. Agar tidak ragu lagi membedakannya bisa dilihat pada waktu umur merpati 3 minggu relatifnya.


Merpati Piyik via MERPATI MANIA



1 Response to "TIPS MERAWAT MERPATI SAAT PIYIK"

  1. Bang kalau saya taro anak merpati ditempat penetasan telur 40 derajat aman tidak ya?

    ReplyDelete